UPAYA MEMPERKUAT KARAKTER SISWA SMK MUTUharjo PROGRAMKAN GERAKAN SHALAT DHUHA DAN MENGAJI (GSDM)



UPAYA MEMPERKUAT KARAKTER SISWA SMK MUTUharjo PROGRAMKAN GERAKAN SHALAT DHUHA DAN MENGAJI (GSDM)
(Ah. Zanin Nu’man, M.Pd.I)

Pendidikan Penguatan Karakter (PPK) menjadi program utama SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo (SMK Mutuharjo). PPK bertujuan memperbaiki karakter siswa dan siswi agar menjadi pelajar yang berakhlakul karimah.  
Untuk mensukseskan PPK, SMK Mutuharjo membuat sebuah program Gerakan Sholat Dhuha dan Mengaji (GSDM). Taofik Ridwan selaku Waka. Kesiswaan menjelaskan bahwa SMK Mutuharjo, selain mengutamakan kualitas mutu pendidikan akademik juga mengutamkan pendidik ciri khusus yaitu al-Islam dan kemuhamadiyahan, salah satu bentuk aplikasinya adalah penerapan program tersebut.
Program yang dimotori oleh unit kesiswaan ini, dilaksanakan selama 3 hari pada jam ke nol (07.00-07.30) dengan teknis sebagai berikut, Shalat Dhuha : hari selasa untuk kelas X. Rabu untuk kelas XI. Dan Kamis untuk kelas XII, adapun kelas yang tidak terjadwal Shalat Dhuha melaksanakan kegiatan Tadarus al-Qur’an dengan dipandu guru pengajar jam pertama. Khusus hari senin dilaksanakan kegiatan upacara/apel untuk hari Jum’at kegiatan Jum’at bersih, jum’at tertib, dan jum’at literasi  sesuai jadwal yang telah ditentukan.
Mencetak generasi yang berakhlakul karimah sangat penting penting, selain anak merupakan tanggung jawab orangtua, juga menjadi tanggung jawab lembaga pendidikan. Namun banyak lembaga pendidikan yang sudah melupakan tugas itu.







Previous
Next Post »
Thanks for your comment